10 BENDA YANG BISA DIJAHIT SENDIRI UNTUK PERLENGKAPAN DAPUR

Gambar gongari.net

Apa kalian pernah bosan dengan kegiatan menjahit yang itu-itu saja ?
Misalnya saja yang memang perkerjaannya sebagai seorang penjahit, sudah pasti bertemu dengan hal yang tidak jauh dari membuat pola, memotong bahan sampai menjahitnya.

Rutinitas yang itu itu saja
Ya, memang bosan itu tidak bisa dipungkiri bagi seorang penjahit, terutama yang memang menjahit sendiri tanpa seorang karyawan sebagai teman mengobrol. Meskipun menjahit memang sebuah hobinya, semua pasti ada titik jenuhnya. 

Kain perca yang menggunung
Selain bosan, kain perca yang menggunung juga menjadi keluhan seorang penjahit bahkan tidak jarang yang malas membereskannya dan berakhir di tempat sampah juga.
Tapi pernahkah kalian berfikir kalau kain percaya dibuang itu sayang dan kalau tidak dibuang akan menggunung dan memakan tempat ? 

Kalau iya, artinya kalian harus berfikir dua kali untuk membuangnya. Karena banyak benda bermanfaat selain pakaian yang bisa dibuat dari kain perca.

Menjahit sendiri perlengkapan dapur di rumah
Kembali lagi ke topik utama kita yaitu perlengkapan yang bisa dijahit untuk dapur. Sebenarnya ada banyak perlengkapan yang bermanfaat selain untuk di dapur, tapi kali ini saya akan membahas ini dulu karena saya yakin sebagian besar penjahit wanita lebih punya banyak kain perca yang cantik-cantik dibanding penjahit pria.

1. Serbet
Siapa sih yang tidak memakai serbet di dapur ? pasti semuanya memakai, baik untuk sekedar mengangkat penggorengan dan teman-temannya dari kompor, membersihkan tangan, hingga membersihkan meja dapur. Untuk serbet, disarankan menggunakan kain yang lebih mudah menyerap air seperti bahan katun ya.

Gambar schoolhouse.com

2. Pot Holder (seperti sarung tangan)
Pot Holder merupakan benda yang fungsinya lebih spesifik dari kain lap yaitu untuk memegang penggorengan atau panci yang masih panas. Seperti halnya sarung tangan, bedanya dari bentuknya saja.

Gambar radianthomestudio.com


3. Kantong Serut
Kalau lihat ini, kalian pasti ingat dong dengan tas yang lagi kekinian yaitu tas serut ataupun jaman dahulu juga bisa digunakan sebagai tempat menyimpan uang sesuai dengan ukuran masing-masing.
Nah, selain itu kantong serut ini bisa digunakan untuk menyimpan bahan dapur yang kering dan tidak mudah membusuk, misalnya saja jeruk lemon, jeruk nipis, daun salam, sereh dan masih banyak lainnya.

Gambar less-stuff.co.uk

4. Alas Minum
Untuk kalian yang takut minumannya tumpah atau sedikit lengket ke meja seperti kopi atau es, bisa mencoba untuk membuat ini. Sedikit alasan mengapa menggunakan bahan kain karena selain bentuknya yang bisa mengikuti selera kita, bisa juga sebagai penahan panas ketika meletakkan kopi atau teh di meja kaca, sudah jelas sama fungsinya dengan alas minum atau tatakan dari bahan plastik, kaca ataupun keramik, tapi dari segi praktis dan keamanan ini lebih baik.


Gambar thestitchingscientist.com


5. Saku Alat Makan
Ini merupakan salah satu ide unik lainnya sebagai perlengkapan di dapur dan meja makan. Fungsinya untuk meletakkan alat makan seperti sendok, garpu, dan pisau agar lebih rapi.

Gambar instagram.com

6. Sarung Tangan Oven
Siapa sih yang bisa angkat loyang oven tanpa sarung tangan ? minimal menggunakan kain lap, karena kalian bukan jebolan ajang pencarian bakat debus hehehe.
Pasti akan lebih unik jika dibuat sendiri, tidak hanya bentuk sarung tangannya saja, mungkin ada sebagian pembaca yang ingin diberi hiasan kain brukat 😃

Gambar deals.kancyl.com
7. Sarung Tudung Saji
Kalau biasanya beli, mulai sekarang lebih baik membuatnya sendiri saja agar berbeda dan "gak pasaran" kata sebagian orang.


8. Sarung Kotak Tisu
Karena di dapur dan di meja makan biasanya ada tisu, kalian bisa membuat sarung kotaknya agar terlihat lebih custom. Lebih cantik lagi jika bisa kembaran motif bahannya dengan sarung tudung saji.

Gambar craftsnob.com


9. Apron atau Celemek
Celemek merupakan salah satu kebutuhan untuk di dapur. Kalau kita memang tidak sedang dalam keadaan rapi bisa saja kita bilang tidak butuh, tapi kalau dalam keadaan rapi, sudah mandi atau ke dapur karena ada tamu, sudah jelas kita butuh celemek untuk melindungi badan bagian depan baik dari cipratan minyak, air dan sebagainya.

Gambar stylemepretty.com


10. Tutup Mangkuk Roti
Untuk yang sering membuat roti, pasti butuh kain untuk menutup adonan roti agar mengembang, ini pasti ide yang menarik agar lebih menyenangkan di dapur dan tetap terlihat rapi.

Gambar bloglovin.com

Bonus. Taplak Meja Makan
Akan jadi lebih unik jika kita membuat taplak meja sendiri dari kain perca yang berbentuk persegi panjang yang biasa orang sebut tabble runner, akan lebih terlihat custom dan menarik dengan motif yang unik.
Gambar diaryofaquilter.com

Nah itulah beberapa perlengkapan dapur yang bisa kita jahit sendiri bahkan dengan kain perca sekalipun. Jadi tidak ada alasan tidak bisa memanfaatkan kain perca, karena tidak akan memakan waktu yang lama untuk menjahit perlengkapan yang imut ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membuka pintu hati para pembaca untuk membuat perlengkapan dapur sendiri, terutama untuk penjahit.
kalau suka dengan artikel ini, boleh dibagikan ke akun media sosial agar tersimpan dan teman-teman yang lainnya terinspirasi.




No comments