Taman Purbakala Pugung Raharjo, Bukti Sejarah di Lampung

Situs Purbakala Pugung Raharjo atau yang orang sering sebut Taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan situs arkeologi yang ada di Lampung tepatnya di Desa Pugung Raharjo, Sekampung Udik, Lampung Timur.
Situs yang memiliki luas kurang lebih sekitar 30 hektar ini ditemukan pada tahun 1957.


Didalam komplek situs yang merupakan peninggalan jaman Megalitik ini terdapat arca batu, prasasti batu berlubang, menhir, punden berundak, arca dengan tipe Polynesia. Terdapat juga keramik asing (dari dinasti Han, Yuan, dan Sung) dan lokal.
Lokasi keberadaan taman inipun dikelilingi benteng berupa parit primitif dengan panjang 1,2 km, yang diduga parit ini dulunya berisi air yang bila mana digunakan untuk mandi dapat membuat awet muda.

Menurut admin, lokasi ini sangat bagus saat musim hujan namun dengan kondisi jalan yang tidak becek ya. Karena lokasi ini hampir 90% ditumbuhi rumput hijau yang indah jika kita ingin berfoto, jadi seperti sedang di bukit teletubies (read : teletabis).
Apalagi saat di benteng parit primitif, walaupun hanya terlihat seperti bendungan yang tak berisi air, namun parit ini berukuran besar dengan ditumbuhi rumput hijau yang seolah-olah kita sedang berada di padang rumput.

Selain itu, di taman ini terdapat kolam yang dulunya dipercayai bila mandi atau sekedar mencuci muka di kolam tersebut maka akan awet muda, dan kini di kolam tersebut kita bisa memasukkan sebagian kaki kita untuk direndam dan akan ada ikan-ikan kecil yang menggigit kaki kita seperti halnya terapi ikan.




Untuk mencapai ke lokasi, kita harus menempuh jarak kurang lebih 55 km bila kita dari terminal Rajabasa.
Rute terdekat kita bisa melewati jalan lintas timur sumatera yaitu Jl. Soekarno-Hatta dan belok melalui Jl. Ir. Sutami.
Dalam perjalanan masuk ke lokasi Taman Purbakala Pugung Raharjo kita bisa menikmati perjalanan dengan pemandangan perkebunan karet dan beberapa jenis tanaman milik warga setempat.



1 comment