Langkah-Langkah Membuat Lengan Tulip

Lengan tulip merupakan salah satu model lengan yang sering digunakan dalam busana wanita, karena bentuknya yang menarik dan simple. Selain diaplikasikan di pakaian wanita dewasa, pakaian anak-anak juga sering menggunakan model lengan ini, yaitu biasanya pada gaun anak-anak.


Bagi sebagian orang mungkin bosan dengan model lengan yang polos dan terlihat biasa saja, sehingga ingin membuat pakaian sendiri dengan model lengan yang berbeda. Dikatakan lengan tulip karena bentuknya seperti kelopak tulip yang indah. Seperti gambar di atas, lengan tulip memang memiliki bentuk yang menumpuk pada bagian depannya. Berikut langkah-langkah membuat lengan tulip beserta gambarnya.

Alat dan Bahan :
  • Gunting
  • Pensil
  • Kertas Pola
  • Bahan



Cara Membuat Lengan Tulip :
Untuk membuat lengan tulip, kita harus menyiapkan pola yang berbeda dengan pola lengan pada umumnya. selain itu, kain yang digunakan diusahakan kain yang halus dan tidak terlalu tebal sehingga saat digunakan terlihat jatuh dan tidak kaku. Beberapa contoh bahan yang bisa digunakan diantaranya seperti sifon, baloteli, wolfis, atau bisa juga ceruti.


Ukuran yang kita butuhkan untuk membuat lengan tulip sama dengan ukuran untuk membuat lengan biasa. Hanya saja saat kita ingin menggambar pola, kita harus memberi lipatan di bagian tengah dengan ukuran sekitar 2 cm bagian kanan dan 2 cm bagian kiri.



Beri tanda berupa garis pada bagian tengah pola, lalu bagi dua lagi pada masing-masing pola kanan dan kiri dan beri garis juga. Lalu mulailah membuat garis melengkung seperti kelopak bunga tulip dari titik kiri atas menyilang ke titik kanan bawah begitupun sebaliknya ( seperti yang ada pada gambar di atas ).


Untuk menghasilkan pola seperti di atas ini, jiplaklah pola yang telah di gambar tadi ke kertas yang baru lalu potong menjadi bentuk kelopak atau lebih miripnya lagi dengan bentuk ikan kecil 😊
Beri tanda pada masing-masing pola, mana yang bagian depan dan mana yang bagian belakang.


Lalu mulailah memotong kain mengikuti pola, dengan cara masing-masing pola dipotong menjadi 2 buah kain, sehingga kita mendapatkan 4 potong kain yaitu masing-masing lengan kiri dan kanan.


Dan saatnya kita menjahit. Menjahit tipis tepian lengan bagian bawah merupakan salah satu cara agar tepian lengan terlihat rapi dan tidak kaku, atau bisa juga menggunakan bisban sesuai keinginan kita.


Jika masing-masing sudah dijahit bagian tepi bawahnya, satukan bagian atas lengan seperti pada gambar di atas, bisa menggunakan bantuan jarum pentul. Caranya potongan lengan yang bagian depan ditimpa dengan potongan bagian lengan belakang, atur serapi mungkin sehingga membentuk seperti pola yang telah dibuat atau bisa melihat pada gambar ini.


Mulailah menjahit dari bagian depan berada di bawah sehingga membentuk lengan yang cantik sama seperti pada gambar.


Selamat mencoba teman-teman kreatif BubiHobby 👍
Jika kalian menyukai artikel ini, jangan lupa bagikan artikel ini. Terimakasih...

Sumber gambar dari https://goo.gl/vzdFNE 

No comments